June 07, 2017

KEBIJAKAN YOUTUBE 2017 TERBARU, SELF DEFENCE ?


Tahun ini seakan menjadi tahun berat bagi creator youtube setelah bertubi-tubi cobaan melanda platform berbagi media paling populer ini, ane  sendiri mengalami hal serupa pada channel yang ane bangun bahkan channel besar sekelas Pewdiepie yang jelas merupakan youtuber dengan kekayaan yang luar biasa mengungkapkan kekecewaan nya lewat sebuah video yang iya upload sendiri beberapa waktu lalu.

Dan tepatnya awal tahun ini youtube mendapatkan teguran keras saat brand besar seperti Pepsi, Verizon hingga AT&T yang beriklan di youtube menarik diri dari platform video milik google ini yang disebabkan iklan mereka disalahgunakan oleh ulah creator yang mengupload konten video yang berbau rasis hingga konten yang berbau terror, penarikan tersebut membuat youtube kalang kabut, termasuk para creator youtube juga ane sendiri.


Timbul pertanyaan bagaimana nasib para creator yang menggantungkan hidup di youtube ini termasuk juga ane, sekedar pengalaman ane pernah view mencapai 10ribu bisa mendapatkan 1-2.5 dollar per hari namun earning ane jauh dari biasanya hingga mencapai earning 0.050, ada lagi tiba-tiba view turun bebas dari 10ribu per 48 jam menjadi 1ribu saja sehingga membuat ane shock karena imbas dari mengurang nya earning youtube sendiri. Ane kasih SS nya diatas ini.

Dan solusi ane jika mengalami permasalahan kaya diatas ini, ane usahakan jangan panic terlebih dahulu, Karena ane ngalamin tak lama beberapa hari view dan earning kembali naik seperti gambar diatas ini tapi ane belum tau apa penyebab view dan earning terjun bebes, mungkin dalam benak ane youtube sedang melakukan perbaikan ataukah hadir tools baru, semuanya masih tanda tanya hingga artikel ini ane buat.

Dan April ini kebijakan youtube baru 2017 bagi creatornya yang berisi bahwa channel bisa dimonetasi jika view per channel atau view lifetime yang bisa kita lihat di dasbord Youtube telah mencapai 10.000 view itu pun video yang kalian upload harus kena review kembali pihak youtube hingga akhirnya dapat persetujuan video dapat dimonetasi, proses yang cukup panjang, berbeda dengan tahun-tahun lalu video yang cuma satu view saja bisa langsung dimonetasi. Youtube makin menaikan dinding pertahanan hehe.

Terlepas dari Peraturan atau Kebijakan baru Youtube tersebut, mau imbas dari penarikan iklan atau pun keseriusan pihak manajemen Youtube/Google yang tak mau kecolongan lagi, para creator termasuk ane hanya bisa berdoa agar badai ini cepat berlalu. Semoga curahan ane ini bisa bermanfaat !

Jangan lewatkan

KEBIJAKAN YOUTUBE 2017 TERBARU, SELF DEFENCE ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.