August 11, 2018

HEMBUSAN INOVASI TEKNOLOGI MENUJU INDONESIA JAYA



Tinggal menghitung hari Indonesia bakal bertamabah tua, di umur yang akan menginjak 73 tahun apakah Indonesia sudah jaya ? Dibilang sudah jaya, masih belum sih banyak sektor yang sangat berpotensi dapat membantu menuju Indonesia jaya, khususnya dalam sektor teknologi informasi dan komunikasi, tren anak-anak muda jaman sekarang sangat jeli melihat banyak potensi besar di sector teknologi, bukan tanpa sebab selain Indonesia merupakan negara berkembang dan masih terus berkembang, inovasi-inovasi dibidang teknologi informasi dan komunikasi banyak bermanfaat apalagi didorong wilayah Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dari sabang sampai merauke, inovasi dibidang teknologi dan komunikasi punya peranan penting untuk dapat saling terhubung.

Buktinya salah satu kemajuan disektor teknologi informasi dan komunikasi terlihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan teknologi atau istilah kerenya ialah startup, berbagai inovasi teknologi diciptakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada baik dari inovasi transportasi hingga jual-beli, sehingga kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi juga ikut mendorong kemajuan Indonesia nantinya, mengapa demikian karena selain mendatangkan para investor asing guna memambah keuntungan bagi negara,  juga memberikan solusi kepada masyarakat lewat teknologi yang diciptakan dan terakhir hal yang paling penting tentunya menambah lapangan pekerjaan guna mengurangi pengangguran.

Lantas mengapa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting guna menuju Indonesia jaya? Jika ingin berkaca ada istilah ”tuntutlah ilmu sampai ke nergi China”. Kenapa ke negara China ? karena Indonesia dan China memiliki banyak kesamaan seperti negara dengan penduduk terbanyak di dunia, namun hal yang harus diingat dan dipelajari tentunya China membangun kemajuan negara dengan pesat lewat sektor teknologi informasi dan komunikasi hingga tak kalah dengan negara-negara maju lainnya, sekarang siapa yang tak kenal perusuhaan teknologi sekelas Tencent, Alibaba hingga kini yang paling menjangkau semua kalangan ialah perusaahaan smartphone Xiaomi, Oppo dan Vivo  yang sudah tak  asing lagi di kalangan masyarakat. Itu merupakan bukti bahwa kemajuan teknologi dapat mendorong kemajuan sebuah negara. Oleh karena itu inovasi-inovasi dibidang teknologi punya peranan penting bagi kemajuan Indonesia kelak.


Bagi saya inovasi yang akan terus berkembang untuk menuju Indonesia jaya pastinya inovasi dibidang kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan istilah AI (Artificial intelligence),  teknologi dimana komputer bisa menirukan apa yang biasa manusia lakukan seperti sekarang banyak beredar tentang virtual assistant yang hadir di smartphone yang bisa membantu penggunanya, dengan wilayah Indonesia yang terdiri-dari pulau-pulau ada baiknya Indonesia lebih mengembangkan lagi  teknologi berbasis Kecerdasan Buatan  misalnya untuk segala urusan kita hanya bertatapan dengan komputer untuk menyelesaikan sebuah aktivitas dan  juga membuat teknologi AI Robot baik berupa virtual yang berada di bandara dengan satu platform, teknologi ini diharapkan bisa menunjukan segala bentuk informasi baik tentang denah lokasi bandara hingga jadwal penerbangan akan lebih simple dan tentunya menghemat efisiensi waktu karena informasi tersedia dalam satu platform tentunya, selain itu sebagai negara yang banyak didatangi turis mancanegara, teknologi virtual ini dapat menjadi bukti bagi dunia tentang kemajuan Indonesia khususnya dibidang teknologi informasi dan komunikasi. 

Terakhir untuk menuju Indonesia jaya peranan masyarakat dan pemerintah agar dapat berkolaborasi untuk membangun inovasi-inovasi terbarukan yang dapat menyelesaikan polemik atau permasalahan di negara kita lewat teknologi informasi dan komunikasi, dan langkah Pemerintah pun dengan sudah membentuk Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dinilai langkah yang sangat tepat karena dapat mendukung inovasi-inovasi nasional  dan menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan teknologi  sehingga  menuju Indonesia jaya bukan hanya sekedar isapan jempol atau hanya tagar di media social, tapi bisa diwujudkan karena jika kita punya impian dan ingin menjadikan impian kita nyata maka bukan tidak mungkin kita bisa menggapainya, seperti yang pernah  Ir Soekarno katakan bahwa “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang”. Oleh karena itu mari mewujudkan Indonesia Jaya diberbagai sector !!

Ilustrasi : Sogi Muktama & Andries K

Jangan lewatkan

HEMBUSAN INOVASI TEKNOLOGI MENUJU INDONESIA JAYA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.